Total Tayangan blog saya(fahru)

Minggu, 03 Februari 2013

bab 5



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
                                                                                                                   
5.1              Kesimpulan
Setelah mempelajari permasalahan yang dihadapi berdasarkan hasil analisa dan pengamatan yang telah dilakukan pada SMK AL-Amanah maka dapat diambil kesimpulan yaitu :
1.     Sistem informasi perpustakaan pada SMK AL-Amanah yang sedang berjalan saat ini masih belum maksimal dalam pengolahan dataanya karena masih menggunakan sistem manual, sehingga masih sering terjadi kesalahan dalam penginputan baik dalam penginputan data pendaftaran anggota, dan pembutan laporan ada data yang rangkap, masalah lainnya adalah perbedaan antara data di buku besar perpustakaan dan data yang ada di dalam arsip dokumen untuk kepala sekolah. Hal ini menyebabkan sistem yang ada belum dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan,.
2.      Penulis mengembangkan sistem yang dirancang dengan digital resource dengan tahapan pembuatan diagram, diantaranya Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram yang dibuat menggunakan software Visual Paradigm for UML 9.0. Setelah itu tabel-tabel dalam database dijabarkan pada spesifikasi basis data dan selanjutnya database dibuat menggunakan MySQL. Langkah berikutnya penulis membuat draft prototype dilanjutkan dengan membuat rancangan tampilan sistem yang akan dibuat, setelah itu penulis mulai merancang interface website menggunakan aplikasi Adobe Dreamweaver CS6, dan Adobe photoshop CS 6.
3.         Perancangan E-Library (electronic library) di SMK AL-Amanah ini sudah menghasilkan informasi yang dibutuhkan dalam bentuk grafik dengan menggunakan fusioncharts dengan jquery. Rancangan sistem ini juga lebih efisien dalam melakukan pendaftaran anggota perpustakaan yang sebelumnya membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit dengan perancangan sistem e-library hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit untuk melakukan pendaftaran, peminjaman,  pembuatan laporan dan upload buku dalam bentuk digital untuk buku yang stoknya terbatas agar tetap bisa dibaca dalam bentuk digital, hal ini tentu saja sangat membantu kinerja staff perpustakaan.

5.2       Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada Sistem Rancangan Electronic Library (E-Library) pada SMK AL-Amanah, terdapat beberapa saran yang dapat dijadikan masukan untuk meningkatkan kinerja Elektronic Library, yaitu sebagai berikut :
1.      Perlu dilakukan sosialisasi baik kepada staf perpustakaan, staf guru dan siswa sehingga sistem yang telah dikembangkan mendapat dukungan penuh dari semua pengguna sistem.
2.      Perlu dilakukan maintenance dan pencatatan ketika ditemukan kendala dan permasalahan dari sistem sehingga dapat segera ditanggulangi.
3.      Di dalam menggunakan komputer diperlukan ketelitian dari penguna, terutama dalam pengoperasian dan penyimpanan hendaknya sesuai dengan prosedur yang ada, sehingga dengan demikian dapat dikatakan bahwa apabila data dimasukan kedalam komputer sudah benar, secara otomatis hasil yang diperoleh akan sesuai dengan apa yang diharapkan.
4.      Adapun data yang tersimpan dalam file komputer sangat penting, maka perlu dilakukannya backup secara berkala.

Tidak ada komentar: