Total Tayangan blog saya(fahru)

Minggu, 03 Februari 2013

Bab 1 Skripsi Fahru



BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang Masalah
Perkembangan digital library tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi. Digital library dibangun di atas teknologi web, yang memungkinkan pengaksesan koleksi buku oleh anggota, kapan dan dimanapun posisi pengguna berada melalui internet. Untuk memperoleh suatu karya atau inovasi yang maksimal serta memperoleh kemudahan dalam segala aktivitas sehingga dapat mencapai suatu tujuan.

SMK AL-Amanah merupakan salah satu lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, yang berdiri pada tahun 2003 yang memiliki visi untuk dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan, diantaranya menyajikan informasi yang akurat dan cepat serta fasilitas yang mendukung sistem pembelajaran, salah satu fasilitas tersebut diantaranya perpustakaan, dalam hal pengolahan data perpustakaan di SMK AL-Amanah masih bersifat catatan dalam buku dokumentasi mulai dari proses pendaftaran anggota, peminjaman buku, dan pengembalian buku, sehingga siswa yang akan mendaftar memerlukan waktu yang lama disebabkan pendaftaran anggota harus mengisi form. Dalam proses mencari koleksi buku masih memerlukan waktu yang lama disebabkan data masih berupa dokumentasi, dan resiko hilangnya data dapat terjadi, dalam membuat laporan dapat terjadi manipulasi data dan tidak akuratnya data yang diperoleh.
Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, untuk memberikan solusi yang terbaik kepada SMK AL-Amanah, maka penulis menetapkan sebuah judul skripsi yaitu Rancangan Electronic Library (E-Library) Pada SMK AL-Amanah Dengan Metodologi Berorientasi Objek”.

1.2         Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang ada, penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana sistem informasi perpustakaan yang berjalan saat ini dalam memberikan informasi yang dibutuhkan?
2.      Bagaimana mengembangkan digital resource pada perpustakaan SMK AL-Amanah?
3.      Bagaimana sistem informasi yang diusulkan dapat memberikan informasi dalam pengambilan keputusan, serta membantu kinerja staf perpustakaan?

1.3              Tujuan Dan Manfaat Penelitian
1.3.1        Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui sistem informasi perpustakaan yang berjalan saat ini di dalam memberikan informasi.
2.      Untuk mengembangkan digital resource pada perpustakaan di SMK AL-Amanah dengan Membuat perancangan terintegrasi library management system dan digital library system.
3.      Untuk mengimplementasikan rancangan sistem yang dapat memberikan informasi dalam pengambilan keputusan dan membantu meningkatkan kinerja staf perusahaan.
1.3.2     Manfaat Penelitian
1.      Dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem yang sedang berjalan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan.
2.      Dengan menggunakan digital resource bisa mengurangi kesalahan-kesalahan
3.      Dapat membantu SMK AL-Amanah dalam memberikan informasi yang mendukung dalam proses pengambilan keputusan dan membantu meningkatkan kinerja staf perusahaan.

1.4               Ruang Lingkup
 Dalam penyusunan penelitian, penulis merasa sangat perlu untuk membatasi masalah agar tidak menyimpang dari tujuan semula. Untuk menghindari kerancuan dan pelebaran masalah, penulis membatasi pokok permasalahan pada perancangan perpustakaan digital (Electronic Library) yang memiliki fasilitas:
1. Pendaftaran dan pemberian hak akses bagi Siswa, Guru dan Petugas Perpustakaan.
2. Aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang buku yang ada di perpustakaan SMK AL-Amanah, serta dapat melakukan proses searching, download dan meng-upload file.

1.5               Metodologi Penelitian
Metodologi yang digunakan dalam penulisan laporan Skripsi ini menggunakan metode berorientasi objek melalui pengumpulan data, Metode Analisa dan Perancangan.
1.5.1   Metode Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam mencari dan mengumpulkan data serta mengolah informasi yang diperlukan menggunakan beberapa metode sebagai berikut :
1.      Metode Interview (Interview research)
Untuk melengkapi data-data yang diperlukan dalam pengembangan sistem penilaian siswa ini, dalam metode ini penulis melakukan tanya jawab atau wawancara kepada petugas perpustakaan, dalam wawancara ini dilakukan untuk mencari data mengenai kekurangan dari sistem yang sedang berjalan serta kebutuhan-kebutuhan  lain.
2.      Metode Pengamatan (Observasi research)
      Pada metode ini penulis melakukan pengamatan langsung pada SMK AL-Amanah. Metode ini dilakukan untuk mengumpulkan data yang merupakan sumber informasi yang sangat penting yang dapat membantu dalam menganalisa dan selanjutnya dalam rangka pembangunan sistem yang sedang dibutuhkan.
3.      Studi Kepustakaan (Library research)
Metode study kepustakaan dilakukan untuk menunjang metode wawancara dan observasi yang telah dilakukan. Pengumpulan informasi yang dilakukan dengan mencari referensi-referensi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan, referensi dapat diperoleh dari buku-buku atau internet.
1.5.2        Analisa
Setelah prngumpulan data dilaksanakan melalui beberapa metode, maka diperolehlah data yang kemudian akan diolah menjadi informasi yang bermanfaat sehingga dapat digunakan sebagai alat untuk mengambilan keputusan, selanjutnya menggunakan metode analisa sistem yang sedang berjalan dengan menggunakan UML, dengan tahapan :
1.      Melakukan observasi terhadap sistem yang berjalan pada saat ini.
2.      Menganalisa terhadap hasil observasi.
3.      Mengidentifikasi hasil observasi terhadap sistem yang berjalan.
Hasil dari analisa ini kemudian dibuat laporan sebagai masukan dalam perancangan sistem yang diusulkan.
1.5.3        Perancangan
Dalam Skripsi ini metode perancangan yang digunakan adalah metode yang berorientasikan objek melalui tahapan pembuatan UML, pembuatan database dan pembuatan program yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan stakeholder pada daftar elisitasi. Program yang digunakan dalam perancangan sistem menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman, Mysql sebagai database dan Macromedia Dreamwaver 8 sebagai interface aplikasi untuk mendesain tampilan sistem.



1.6          Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah melihat dan mengetahui pembahasan yang ada pada penelitian secara menyeluruh, maka perlu dikemukakan sistematika yang merupakan kerangka dan pedoman penulisan penelitian. Adapun sistematika penulisannya adalah sebagai berikut :
BAB I             : PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan tentang informasi umum yaitu latar belakang penelitian, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, ruang lingkup penelitian, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penelitian.
BAB II            : LANDASAN TEORI
Berisikan teori yang diambil dari beberapa kutipan buku, yang berupa pengertian dan definisi. Bab ini menjelaskan definisi lainnya yang berkaitan dengan sistem yang dibahas.

BAB III          : ANALISA SISTEM BERJALAN
Berisikan gambaran dan sejarah singkat SMK AL-Amanah, struktur organisasi, pembahasan tugas dan wewenang, serta analisa sistem yang berjalan dengan menggunakan use case diagram, activity diagram dan sequence diagram.
BAB IV          : RANCANGAN SISTEM YANG DIUSULKAN
Bab ini berisikan tentang rancangan sistem yang diusulkan menggunakan metode UML, serta hasil rancangan sistem menggunakan PHP dan Mysql, serta implementasi program yang dibuat, kelebihan dan kelemahan dari program tersebut.
BAB V           : PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dan saran yang berkaitan dengan analisa dan optimalisasi sistem berdasarkan yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya serta pencapaian yang berkaitan dengan tujuan yang telah disampaikan.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Tidak ada komentar: